Kamis, 21 Agustus 2014

Baiat dan Imamah ...2)


 C.    Fatwa-Fatwa Ulama Ahli Hadits Zaman Ini Mengenai Baiat Hizbiyyah
1.      Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani rahimahulloh (Syaikh Albani)
Asy-Syaikh Al-Muhadits Al-’Allamah Muhammad Nasiruddin Al-Albani rahimahullohu mengatakan:
أَمَّا مُبَايَعَةُ حِزْبٍ مِنَ الْأَحْزَابِ لِفَرْدٍ لِرَئِيسٍ لَهُ، أَوْ جَمَاعَةٍ مِنَ الْجَمَاعَاتِ لِرَئِيْسِهِمْ وَهَكَذَا، فَهَذَا فِي الْوَاقِعِ مِنَ الْبِدَعِ الْعَصْرِيِّةِ الَّتِي فَشَتْ فِي الزَّمَنِ الْحَاضِرِ، وَذَلِكَ بِلَا شَكٍّ مِمَّا يُثِيرُ فِتَنًا كَثِيرَةً جِدًّا بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ
“Adapun pembaiatan yang dilakukan kelompok dari kelompok-kelompok itu, dari anggotanya terhadap pemimpinnya, atau satu jamaah kepada pemimpinnya, dan yang semisalnya, pada kenyataannya termasuk bid’ah yang baru muncul pada masa kini. Tidak diragukan lagi, bahwa ini dapat menimbulkan berbagai fitnah yang sangat banyak sekali di kalangan kaum muslimin” (Silsilah Al-Huda wan Nur, kaset no. 288).
2.      Syaikh Muhammad Shalih Utsaimin rahimahulloh (Syaikh Utsaimin)
Asy-Syaikh Al-Faqih Kibar Ulama Saudi, Muhammad Shalih Utsaimin rahimahullohu berkata:
الْبَيْعَةُ الَّتِي تَكُونُ فِي بَعْضِ )الْجَمَاعَاتِ( بِيْعَةٌ شَاذَّةٌ مُنْكَرَةٌ، يَعْنِي أَنَّهَا تَتَضَمَّنُ أَنَّ الْإِنْسَانَ يَجْعَلُ لِنَفْسِهِ إِمَامَيْنِ وَسُلْطَانَيْنِ، الْإِمَامُ الْأَعْظَمِ الَّذِي هُوَ إِمَامٌ عَلَى جَمِيعِ الْبِلَادِ، وَالْإِمَامُ الَّذِي يُبَايِعُهُ وَتُفْضِي أَيْضًا إِلَى شَرٍّ لِلْخُرُوجِ عَلَى الْأَئِمَّةِ الَّذِي يَحْصُلُ بِهِ سَفْكُ الدِّمَاءِ وَإِتْلَافُ الْأَمْوَالِ مَا لَا يَعْلَمُهُ بِهِ إِلَّا اللهُ
“Baiat yang terdapat pada sebagian jamaah-jamaah merupakan baiat yang ganjil dan mungkar. Didalamnya terkandung makna bahwa seseorang menjadikan untuk dirinya dua imam dan dua penguasa, (pertama) imam tertinggi yang merupakan imam yang menguasai seluruh negeri, dan (kedua) imam yang dibaiatnya. Juga akan menjurus kepada kerusakan, dengan keluar dari ketaatan kepada para penguasa, yang dapat menyebabkan pertumpahan darah dan musnahnya harta benda, yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Alloh” (Silsilah Liqa’ Al-Bab Al-Maftuh, (kaset no. 6, side B)/(6/33)).
Pada kesempatan lain beliau rahimahullahu berkata:
وما سوى ذلك فهو مجرد تلصص ولصوصية يقوم بها جماعة من المحتالين على العقول البشرية.
“… dan adapun yang selain  itu (baiat kepada penguasa), maka itu adalah baiat yang murni sembunyi-sembunyi dan mencuri, yang kemudian dengan cara (sembunyi dan mencuri) itu didirikan Jamaah oleh orang yang menipu akal-akal manusia”. (http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=365976)
3.      Syaikh Ahmad An-Najmi rahimahulloh
Asy-Syaikh Mufti Saudi Bagian Selatan, Ahmad An-Najmi rahimahullohu mengatakan:
الجهة الأولى: أنّ البيعة حق للإمام الأعلى فمن أخذ البيعة غير الإمام الأعلى فقد ابتدع في الدين بدعة مذمومة وقد قال النبي (ورجل بايع إماماً لم يبايعه إلا لدنيا فإن أعطاه منها وفّى له وإن لم يعطه لم يف) وقوله: (سيكون عليكم أمراء فيكثرون قالوا فما تأمرنا قال فوا ببيعة الأول فالأول) وقوله (إذا بويع خليفتان فاقتلوا الآخر منهما).
الجهة الثانية: أنّه لم يعرف أن أصحاب الدعوات يأخذون البيعة على دعواتهم فقد قام الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمه الله في القرن الثاني عشر الهجري بالدعوة إلى الله في نجد ولم يأخذ من أحد البيعة على الطاعة ومع ذلك فقد بارك الله فيها وكذلك الشيخ عبد الله بن محمد القرعاوي حين قام بالدعوة إلى الله في جنوب المملكة لم يقل لأحد أنه يريد أخذ البيعة منه لما يدعوه إليه وقد بارك الله فيها وقبلهم شيخ الإسلام ابن تيمية لم يأخذ من أحد بيعة وقد بارك الله في دعوته فهؤلاء أصحاب الدعوة السلفية أما المبتدعة فإنهم لا يتحاشون من البدع ومن الدعوة إليها.
Kritikan pertama, Baiat merupakan hak penguasa tertinggi. Barangsiapa yang mengambil baiat bukan pada penguasa tertinggi, sungguh dia telah berbuat bid’ah yang tercela di dalam agama. Nabi shollallohu’alaihi wasallam bersabda, “Dan seorang laki-laki yang membaiat imamnya hanya untuk perkara dunia, jika imamnya memberikan ia loyal, jika tidak maka tidak”. Dan Sabda Rasululloh shollallohu’alaihi wasallam, “Akan muncul kepada kalian banyak amir”. Lalu apa yang engkau perintahkan kepada kami?. “Hendaklah engkau mengikuti baiat yang awal dan yang awal berikutnya". dan sabda beliau shollallohu'alaihi wasallam, "Jika dibaiat dua khalifah, maka bunuhlah yang paling akhir dari keduanya”.
Kritikan kedua: Tidak diketahui bahwa para pengemban dakwah mengambil baiat atas dakwah mereka. Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullohu telah menegakkan dakwah di abad ke-12 hijriah di Najd, namun beliau tidak pernah mengambil baiat dari siapapun untuk taat kepadanya. Akan tetapi tetap saja Alloh Subhanahu wa Ta’ala memberi berkah dalam dakwahnya. Demikian pula Asy-Syaikh Abdullah bin Muhammad Al-Qar’awi ketika menegakkan dakwah di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala di Kerajaan Arab Saudi bagian selatan. Beliau tidak pernah mengatakan kepada seseorang bahwa dia ingin mengikatnya dengan baiat dalam dakwahnya. Namun Alloh Subhanahu wa Ta’ala tetap memberi berkah dalam dakwahnya. Sebelum mereka, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullohu, tidak pernah mengambil baiat dari siapapun dan Alloh Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberkahi dakwahnya. Maka demikian itu keadaan pengikut dakwah salafiyah. Adapun para pengikut bidah sesungguhnya mereka tidak bisa menghindar dari bid’ah dan dari mengajak kepada bid’ah” (al-Mawrid al-Adh'b az-Zilal fima intaqada 'ala ba'adil-manahij ad-da'wiyyah min al-'Aqa'id wal-'A'amal hal. 214).
4.      Syaikh Shalih Fauzan rahimahulloh
Syaikh Kibar Ulama Saudi, Shalih Fauzan rahimahullohu mengatakan:
البيعة لا تكون إلا لولي أمر المسلمين ، وهذه البيعات المتعددة مبتدعة ، وهي من إفرازات الاختلاف ، والواجب على المسلمين الذين هم في ولاية واحدة ، وفي مملكة واحدة أن تكون بيعتهم واحدة لإمام واحد ، لا تجوز المبايعات المتعددة ، وإنما هذه من إفرازات اختلافات هذا العصر ، ومن الجهل بالدين .
“Baiat hanya diberikan kepada penguasa kaum muslimin. Baiat-baiat yang berbilang-bilang dan bid’ah itu akibat dari perpecahan. Setiap kaum muslimin yang berada dalam satu pemerintahan dan satu kekuasaan wajib memberikan satu baiat kepada satu orang pemimpin. Tidak dibenarkan memunculkan baiat-baiat lain. Baiat-baiat tersebut merupakan akibat dari perpecahan kaum muslimin pada zaman ini dan akibat kejahilan tentang agama” (Al-Muntaqo min Fatawi asy-Syaikh Shalih Fauzan (1/367)).

5.      Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid rahimahulloh
Syaikh Wakil Mufti Saudi Terdahulu, Bakr bin Abdillah Abu Zaid rahimahullohu mengatakan:
أن البيعة في الإسلام واحدة, من ذوي الشوكة: أهل الحل والعقد لولي أمر المسلمين وسلطانهم, وأن ما دون ذلك من البيعات الطرقية والحزبية في بعض الجماعات الإسلامية المعاصرة كلها بيعات لا أصل لها في الشرع لا من كتاب الله ولا سنة رسوله n ولا عمل صحابي, ولا تابعي, فهي بيعات مبتدعة وكل بدعة ضلالة وكل بيعة لا أصل لها في الشرع فهي غير لازمة العهد, فلا حرج ولا إثم في تركها و نكثها, بل الإثم في عقدها, لأن التعبد بها أمر محدث لا أصل له ناهيك عما يترتب عليها من تثقيق الأمة, وتفرقها شيعا, وإثارة الفتن بينها, واستعداء بعضها على بعض, فهي خارجة عن حد الشرع سواء سميت بيعة أو عهدا أو عقدا
"Sesungguhnya baiat dalam Islam adalah satu, berasal dari ahlul halli wal aqdi (tokoh-tokoh masyarakat dan juru hukum) kepada pemerintah dan penguasa kaum muslimin. Sesungguhnya baiat selain itu berupa baiat-baiat tarekat dan hizbiyyah pada sebagian jamaah-jamaah Islamiyyah masa kini, semua baiat ini adalah baiat-baiat yang yang tak ada asalnya dalam syari’at, baik dari Kitabullah, Sunnah Rasululloh shollallahu’alaihi wasallam, amaliah para sahabat, dan tabi’in. Itu adalah baiat-baiat bid’ah. Sedang setiap bid’ah adalah sesat, setiap baiat yang tak ada asalnya (dasar)  dalam syari’at maka baiat-baiat itu tak perlu dijaga. Karenanya, tak ada masalah, dan dosa ketika meninggalkannya, dan melanggarnya. Bahkan ada dosa ketika melakukannya. Karena ta’abbud (mendekatkan diri) dengannya adalah perkara baru yang tidak ada dasarnya. Belum lagi masalah yang timbul dari akibat baiat-baiat tersebut berupa penceraiberaian umat, pemecah-belahan umat menjadi berkelompok-kelompok, memancing fitnah (polemik) diantara mereka, pelampauan batas atas satu kelompok dengan kelompok lain. Jadi, baiat-baiat ini keluar dari batasan syari’at, sama saja apakah ia diistilahkan dengan "Baiat", "janji", atau "akad" (persetujuan)" (Hukmul Intima’ hal. 128).
6.      Fatwa Ulama yang lain
Dapat dilihat pada link berikut ini:

D.    Imamah (Keimaman)
Sebuah atsar yang dikatakan berasal dari perkataan Umar radhiyallahu’anhu, telah menjadi andalan dalil bagi Jamaah dan jamaah-jamaah hizbiyyah (golongan) lainnya dalam rangka mengkafirkan kaum muslimin yang tidak bergabung bersama kelompoknya. Atsar tersebut adalah:
إِنَّهُ لاَ إِسْلاَمَ إِلاَّ بِجَمَاعَةٍ ، وَلاَ جَمَاعَةَ إِلاَّ بِإِمَارَةٍ ، وَلاَ إِمَارَةَ إِلاَّ بِطَاعَةٍ
“Tidak ada Islam kecuali dengan berjama’ah, dan tidak ada jama’ah kecuali dengan keamiran, dan tidak ada keamiran kecuali dengan ketaatan” (HR Ad Darimi).
Pembahasan
Atsar di atas adalah Dhoif. Bahkan sering kita jumpai dalam pengajian (sambung jamaah) bahwa atsar di atas sering ditambahi dengan lafazh “wa la imarota illa bil bai’at”. Sehingga kedudukan atsar ini menjadi palsu (maudhu’).
Pendhaifan atas atsar Ad-Darimi di atas dikarenakan sebab-sebab sebagai berikut:
1.      Perawi bernama Shofwan bin Rustum, dia ini perawi majhul (tidak dikenal) dan mungkar.
2.      Keterputusan antara Tamim ad-Dari dan Abdurrahman bin Maisaroh, sebab Abdurahman tidak pernah bertemu Tamim.
3.      Dan ini tambahan terbaru dari pernyataan kami sebelumnya, bahwa Baqiyah itu seorang mudalis dalam tingkat paling rendah, sehingga ia harus menjelaskan dengan lafazh “Hadatsana” disetiap tingkatan sanad, jika Baqiyah tidak berkata demikian maka riwayatnya ditolak. Diantaranya dalam riwayat ini.
Maka menjadi semakin yakinlah akan lemahnya riwayat ini, dan tidak boleh dinisbatkan kepada Umar setelah terbukti riwayatnya lemah, jangan sampai kita menisbatkan suatu perkataan kepada beliau sesuatu yang tidak pernah beliau katakan. Atsar ini dinyatakan dhoif oleh banyak ahli hadits, diantaranya Syaikh Ali Hasan Al-Halabi dalam kitab Al-Bai’at, Syaikh Husein Salim Asad dalam takhrijnya atas Sunan Ad-Darimi, Syaikh Ibnu Barjas mengisyaratkan kedhaifannya dengan mengutipnya secara makna dalam kitabnya Mu’amalatul Hukam, Syaikh Abdul Malik Ar-Ramdhani mengisyaratkannya juga dengan mendiamkannya dalam kitab Sittu Duror dan lainnya.
Adapun Syaikh Muhammad Bazmul dalam kitabnya, “Al-Jama’ah wal Imammah” mengatakan dalam catatan kakinya bahwa riwayat ini menjadi hasan karena dikuatkan oleh perkataan Abu Darda radhiyallahu’anhu,
لا إسلام إلا بطاعة ولا خير إلا في الجماعة والنصح لله عز وجل وللخليفة وللمسلمين عامة
“Tidak ada Islam kecuali dengan taat, dan tidak ada kebaikan kecuali dalam jama’ah, dan nasihat Allah Azza wa Jalla dan bagi Khalifah, dan bagi kaum muslimin semuanya”.
Atsar ini dikeluarkan oleh Ibnu Abdil Barr dalam At-Tamhid (21/289) dan Ibnu Atsakir (25/24) semuanya dari jalan :
محمد بن الحسين قال حدثنا ابن شاهين قال حدثنا أبو هشام محمد بن يزيد الرفاعي قال حدثنا إسحاق بن سهل عن المغيرة بن مسلم عن قتادة عن أبي الدرداء
“Muhammad bin Husein yang berkata: menceritakan kepada kami Ibnu Syahin yang berkata: menceritakan kepada kami Abu Hiysam Muhammad bin Yazid Ar-Rifa’i yang berkata, menceritakan kepada kami Ishaq bin Sahl dari Al-Mughiroh bin Muslim dari Qotadah dari Abu Darda”. (ini lafazh Ibnu Abdil Barr).
Atsar ini terdapat dalam Kanzul Ummal no. 44282.
Akan tetapi kita tidak mengikuti perkataan seseorang kecuali dengan hujjah yang jelas, tidak taqlid dan fanatik kepada imam atau Syaikh. Sebab, siapapun bisa diterima dan ditolak perkataannya kecuali Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.
Dan tidak merajihkan penghasanan dari Syaikh Bazmul karena alasan sebagai berikut:
1.      Atsar Umar kedhaifannya cukup parah dengan ilat-ilat seperti yang telah kami sebutkan, maka tidak bisa dijadikan syahid bagi yang lainnya.
2.      Dalam sanad atsar Abu Darda juga ada kedhaifannya, sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Bazmul sendiri. Diantara kedhaifannya adalah keterputusan antara Qotadah dan Abu Darda, sebab Qotadah tidak pernah bertemu dan mendengar dari Abu Darda.
3.    Lafazh yang dikutip Syaikh Bazmul dari Ibnu Abdil Barr, dan begitu pula dari Ibnu Atsakir dan Kanzul Ummal tidak lengkap, sungguh atsar ini telah dikeluarkan oleh Ibnu Abi Hatim dalam Tafsirnya (no. 15540) demikian pula oleh Ibnu Katsir dalam Tafsirnya (6/75) dengan lafazh yang lebih jelas:
لا إِسْلامَ إِلا بِطَاعَةِ اللَّهِ وَلا خَيْرَ إِلا فِي جَمَاعَةٍ, وَالنَّصِيحَةُ لِلَّهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْخَلِيفَةِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ عَامَّةً
“Tidak ada Islam kecuali dengan ketaatan kepada Allah, dan tidak ada kebaikan kecuali dalam Jama’ah, dan nasihat bagi Allah, bagi Rasul-Nya, bagi para khalifah dan bagi orang-orang iman semuanya”.
Oleh sebab itu, kami memandang atsar ini dan atsar Umar berbeda lafazh dan maknanya, tidak bisa dikatakan saling menguatkan.
Taruhlah atsar ini shahih, apakah tepat digunakan sebagai dalil bagi Islam Jamaah/354 untuk mengkafirkan kaum muslimin?
Disinilah letak perbedaannya, dimana para Syaikh yang menggunakan atsar Umar itu, tidaklah memaksudkannya untuk jamaah-jamaah hizbiyyah. Bahkan justru mereka menggunakan atsar itu untuk menyerang firqah-firqah seperti mereka dari khawarij, rafidhah, mu’tazilah dan yang lainnya yang keluar dari penguasa muslim dan jama’ah kaum muslimin. Sebagaimana yang nampak dari Kitab al-Jama’ah wal Imamah karya Syaikh Bazmul.
Syaikh Ibnu Barjas rahimahullahu yang mengutip atsar ini secara makna, mengatakan:
إن السمع والطاعة لولاة أمر المسلمين جاروا وظلموا العقيدة السلفية قل أن يخلو كتاب فيها من تقريره وشرحه وبيانه، وما ذاك إلا لبالغ أهميته وعظيم شأنه، إذ بالسمع والطاعة لهم تنتظم مصالح الدين والدنيا معاً، وبالافتيات عليهم قولاً أو فعلاً فساد الدين والدنيا. وقد علم بالضرورة من دين الإسلام أنه لا دين إلا بجماعة، ولا جماعة إلا بإمامة ولا إمامة إلا بسمع وطاعة. (جاء نحو ذلك عن عمر رضي الله عنه -، أخرجه الدرامي ( 1/69)) يقول الحسن البصري - رحمه الله تعالي – في الأمراء : (( هم يلون من أمورنا خمساً : الجمعة، والجماعة، والعيد، والثغور، والحدود.
“Sesungguhnya mendengar dan taat kepada pemerintah Muslim adalah salah satu pokok aqidah salafiyyah. Banyak kitab-kitab yang telah memuat permasalahan ini, yang disertai dengan penjabaran dan penjelasannya. Hal ini tidak lain karena penting dan agungnya perkara ini. Urusan agama dan dunia akan menjadi baik bila penguasa didengar dan ditaati. Sebaliknya timbulnya kerusakan dalam masalah agama dan dunia terjadi bila pemerintah sudah ditentang dengan perkataan maupun perbuatan. Perlu diketahui, bahwa dalam Islam, ad-Din ini tidak tegak kecuali dengan jama’ah, dan jama’ah tidak tegak kecuali dengan imammah, dan imammah tidak akan tegak kecuali dengan mendengar dan taat (telah datang semisal ini dari Umar radhiyallahu’anhu yang dikeluarkan oleh Ad-Darimi (1/69)). Berkata Al-Hasan Al-Bashri –rahimahullahu Ta’ala- tentang (makna) Amir, “Mereka adalah yang menguasai kita dalam lima perkara: Shalat jum’at, shalat jama’ah, shalat hari raya, pertahanan dan penegakan hukum …. ” (Mu’amaltul Hukam hal 18).
Dan perkataan ini pun bukan berarti mengkafirkan mereka yang keluar dari jama’ah secara mutlak dan serampangan sebagaimana dilakukan Khawarij. Oleh sebab itu, benarlah apa yang dikatakan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam:
يَقْرَؤُونَ الْقُرْآنَ ، يَحْسِبُونَ أَنَّهُ لَهُمْ ، وَهُوَ عَلَيْهِمْ
“Mereka (Khawarij) membaca Al-Qur’an, lalu menyangka ayat-ayat Al-Qur’an itu bagi mereka, padahal atas mereka” (Diriwayatkan oleh Muslim (no. 1066) dan Abu Dawud (no. 4768)).
(insyaAlloh bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar